Pencegahan Dan Manfaat Daun Sirsak Untuk Flek Paru

Posted on

Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan setiap manusia. Tidak ada manusia di dunia ini yang lebih memilih sakit daripada sehat. Karena sehat itu memang mahal harganya.

manfaat daun sirsak untuk flek paru

Kita sebagai manusia sebaiknya selalu bersyukur kepada Tuhan atas kesehatan yang selalu Dia berikan kepada kita.

Apakah anda pernah mendengar tentang flek paru? Atau anda menderita flek paru dan belum mendapatkan kesembuhan? Dan tahukah anda manfaat daun sirsak untuk flek paru?

Berarti anda harus membaca artikel ini sampai selesai, mungkin solusi dari penyakit anda ada di artikel ini. Dan mari kita bahas bersama mengenai flek paru dan khasiat daun sirsak untuk flek paru.

Khasiat Daun Sirsak Untuk Mengobati Flek Paru

Flek paru lebih dikenal dengan tubercles bacillus atau TBC. Flek paru atau TBC ini merupakan salah satu penyakit menular dan juga fatal.

Penyakit ini disebabkan karena bakteri atau kuman Mycobacterium Tubercolusis yang dapat merusak sel-sel paru manusia bahkan dapat merusak bagian tubuh lainnya bila penyakit ini semakin parah.

Simak Juga : Manfaat daun sirih untuk wanita haid

Penderita penyakit ini memiliki gejala batuk selama 3 minggu lebih, nafsu makan berkurang, penyusutan berat badan hingga penderita penyakit ini menjadi sangat kurus.

Jadi bagi anda ataupun orang-orang disekitar anda, jangan menyepelekan masalah batuk.

Apalagi flek paru tergolong penyakit yang menular. Bila penderita flek paru ini tidak mengenakan masker kemudian batuk, bersin, tertawa, atau meludah.

Maka bakteri Mycobacterium Tubercolusis akan terbang bebas di udara dan masuk kepada siapapun yang menghirupnya.

Akan tetapi jika penderita flek paru ini sudah mendapat penanganan yang tepat, resiko penularan penyakit ini akan berkurang.

Bila anda didiagnosa terkena flek paru, sebaiknya anda melakukan pencegahan agar penyakit anda tidak menular kepada orang-orang disekitar anda.

Mengingat penularan penyakit ini sangatlah mudah. Berikut adalah tindakan-tindakan untuk pencegahan penularan flek paru.

  1. Memilih tinggal didalam rumah selama beberapa minggu pengobatan
  2. Menutup mulut dengan tissue atau sapu tangan ketika batuk, bersin ataupun tertawa
  3. Menggunakan masker selama tiga minggu pengobatan untuk mencegah penularan
  4. Mengatur kelembapan udara dalam ruangan.Sebaiknya penderita flek paru tinggal didalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang memadai. Hal ini dikarenakan bakteri dapat menyebar dalam ruangan tertutup dengan sirlukasi udara yang kurang memadai.
  5. Menyelesaikan terapi

Seorang penderita flek paru memang membutuhkan waktu yang lama untuk penyembuhannya.

Sekitar enam sampai Sembilan bulan. Terbayangkan bagi anda bila anda harus mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang begitu lama.

Belum lagi efek samping yang ditimbulkan dari obat-obatan tersebut. Efek samping mengkonsumsi obat-obatan tersebut seperti mual, demam tanpa sebab yang jelas, urine berwarna gelap, penurunan nafsu makan, bahkan kulit penderita berubah menjadi kuning.

Baca juga : Manfaat buah naga untuk mengobati penyakit hepatitis

Penderita penyakit ini memang harus mendapatkan dukungan untuk sembuh dari orang-orang disekitarnya.

Namun apakah anda mengetahui ternyata ada pengobatan alami untuk penyakit flek paru? Seperti yang kita ketahui, pengobatan secara alami biasanya tidak menimbulkan efek samping.

Daun sirsak digunakan sebagai pengobatan alami. Buah sirsak memiliki banyak kandungan vitamin C untuk kekebalan tubuh, sedangkan daun sirsak dipercaya memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan flek paru.

Manfaat daun sirsak untuk flek paru sudah banyak di uji oleh para ilmuwan dari berbagai Negara seperti Korea.

Daun sirsak dapat menghambat proses pertumbuhan bakteri jahat. Seperti yang kita bahas tadi penyebab flek paru adalah bakteri Mycobacterium Tubercolusis.

Ternyata daun sirsak memiliki khasiat yang luar biasa ya. Daun sirsak memiliki kandungan senyawa proaktif, yang jarang ditemukan dalam buah lainnya.

Senyawa ini lah yang memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti flek paru.

Dan hebatnya lagi ternyata daun sirsak memiliki sifat selektif, artinya tidak mempengaruhi kinerja organ yang lain.

Bagi anda yang tidak terserang penyakit inipun dapat mengkonsumsidaun sirsak. Karena daun sirsak juga memiliki fungsi penyetabil tubuh, agar tidak mudah tertular penyakit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada daun sirsak ini, anda tidak boleh sembarangan mengolahnya.

Ini cara pengolahan daun sirsak yang tepat anda sediakan 10 lembar daun sirsak dan 600 ml air atau setara dengan 3 gelas air.

Rebus daun sirsak dengan api kecil tunggu hingga mendidih dan air sudah berkurang hingga tersisa sekitar 150 ml saja.

Saring dan dinginkan, minumlah air rebusan daun sirsak ini sehari 2 kali. Tapi ingat jangan terlalu sering meminum air rebusan daun sirsak ini ya, karena dapat mengganggu system pencernaan anda.

Itu tadi bahasan kita mengenai manfaat daun sirsak untuk flek paru. Kesehatan memang segalanya bagi manusia.

Bila kita sehat, kita dapat melakukan aktivitas apapun yang kita inginkan. Bila keluarga atau orang-orang disekitar anda terkena penyakit ini, jangan jauhi mereka hanya karena takut tertular.

Mereka justru butuh kasih sayang, dorongan dan semangat dari anda untuk sembuh.

Lakukan pencegahan dengan baik agar bakteri flek paru tidak menyebar kemana-mana.

Kasih sayang, dorongan dan dukungan dari anda pasti akan membuat penderita flek paru bersemangat untuk sembuh, mengingat penyembuhan penyakit ini memang membutuhkan waktu yang lama.

Gravatar Image
Saya adalah salah satu perawat di indonesia. Website ini merupakan media saya dalam menulis tentang informasi kesehatan dan tips kesehatan untuk publik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *