Manfaat Kurma Muda untuk Ibu Hamil BUMIL WAJIB TAHU

Kurma adalah buah dari tanaman subtropis dan telah dikenal oleh masyarakat Timur Tengah sejak 6.000 SM. Buah ini menjadi makanan khas saat Ramadhan di Indonesia. Ada banyak jenis buah kurma dengan 1001 manfaat bagi kesehatan. Kurma muda merupakan salah satu jenis buah kurma yang ramai diperbincangkan oleh karena manfaat kurma muda untuk ibu hamil. Kurma muda mengandung beberapa nutrisi yang tidak terkandung dalam buah kurma biasa dan berkhasiat secara khusus untuk para ibu hamil.

Manfaat Kurma Muda untuk Ibu Hamil

Untuk memperoleh manfaat kurma muda ini, Anda bisa mengonsumsi kurma muda dalam bentuk utuh atau serbuk kurma muda yang juga tersedia di pasaran. Tentunya, keduanya tetap akan memberi manfaat yang sama ya. Apa saja kira-kira manfaat kurma muda ini bagi para ibu hamil ? Artikel ini akan merangkumkan beragam manfaat kurma muda untuk ibu hamil.

4 Manfaat Kurma Muda untuk Ibu Hamil

Mencegah Pendarahan Rahim

Manfaat kurma muda untuk ibu hamil yang pertama adalah mencegah pendarahan rahim. Mengalami pendarahan rahim selama proses melahirkan merupakan salah satu momok yang menakutkan bagi si ibu. Pendarahan rahim yang terlalu banyak akan berakibat fatal bagi si ibu, yaitu berujung kematian.

Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir, karena pendarahan rahim ini bisa Anda cegah dengan rajin mengonsumsi kurma muda selama kehamilan. Kurma muda mengandung hormon biostin yang berfungsi untuk membantu mengurangi resiko pendarahan rahim saat proses melahirkan.

Baca Juga Khasiat Serbuk Kurma Muda untuk Promil

Memperlancar Persalinan

Ibu hamil mana yang tidak ingin proses persalinnya nanti berjalan dengan lancar ? Selain rajin berolahraga dan menyiapkan mental, Anda bisa mengusahakan proses persalinan yang lancar dengan rajin mengonsumsi buah kurma muda setiap hari. Kok bisa ?

Perlu Anda ketahui bahwa kurma muda mengandung senyawa neurohipofisa, yaitu sebuah senyawa yang sifatnya mirip dengan hormon oksitosin dan berfungsi untuk merangsang kontraksi otot rahim, sehingga proses persalinan akan berjalan dengan lancar.

Meningkatkan Produksi ASI

Menyusui merupakan hasrat yang secara alamiah muncul pada diri seorang ibu setelah melahirkan. ASI merupakan makan pertama yang akan dikenalkan kepada bayi baru lahir. Selain itu ASI juga mengandung nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi sampai umur 6 bulan.

Jika Anda khawatir produksi ASI Anda tidak bagus setelah melahirkan, karena salah satu manfaat kurma muda untuk ibu hamil adalah memperlancar produksi ASI. Kurma muda ini mengandung hormon oksitosin yang tidak hanya membantu kontraksi otot rahim saat melahirkan, namun juga membantu meningkatkan produksi ASI setelah melahirkan.

Simak Juga Tips Mengatur Jadwal Makan Bayi yang Tepat

Pemulihan Setelah Persalinan

Setelah melewati proses persalinan, tubuh ibu akan merasakan lelah luar biasa, karena proses persalinan sangat menguras energi sang ibu. Selain itu, perubahan-perubahan yang terjadi selama proses kehamilan, membuat tubuh ibu harus kembali menyesuaikan diri setelah proses melahirkan.

Selama proses pemulihan setelah persalinan, Anda bisa mengonsumsi kurma muda, terutama kurma muda kuning. Salah satu manfaat kurma muda kuning adalah mempercepat proses pemulihan karena mengandung kalsium dan zat besi yang cukup tinggi. Anda bisa mengonsumsi buah kurma muda kuning secara rutin setiap hari selama masa pemulihan atau masa nifas.

Ya, itu dia beragam manfaat kurma muda untuk ibu hamil yang kami rangkumkan untuk Anda. Tentunya, masih ada banyak manfaat lain kurma muda untuk kesehatan ya. Yang pasti, kurma muda ini aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan umur dan penderita penyakit, asal dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan ya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar