Penyebab, Ciri, Dan Cara Mencegah Kanker Serviks

Kanker serviks adalah salah satu kanker yang mematikan dan paling ditakuti oleh wanita. Meskipun sudah memakan banyak jiwa, cara mencegah kanker serviks pun juga ada, jadi untuk anda para wanita tidak perlu khawatir. Apabila anda ingin mencegah kanker serviks ini, anda harus mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan kanker ini. Baik itu ciri-ciri adanya kanker ini atau faktor penyebab terjadinya kanker ini. Untuk itu selain membahas mengenai penyebab, ciri-ciri, dan bagaimana cara mencegah kanker yang mematikan ini. Tahukan anda, kanker serviks ini menjadi penyakit mematikan setelah HIV. Dulu semua orang takut dengan penyakit yang menular satu ini, namun dengan perkembangan zaman dan berdasarkan penelitian. Ada penyakit lain yang lebih mematikan yaitu kanker serviks yang biasanya menyerang wanita. Meskipun kanker ini tidak menular seperti HIV, akan tetapi tetap saja penyakit ini sangat mematikan.

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab, Ciri, Dan Cara Mencegah Kanker Serviks

Sebelum anda menyebarkan gossip kesana kemari yang belum jelas mengenai cara mencegah kanker serviks yang ampuh. Sebaiknya anda simak penjelasan berikut ini mengenai penyebab kanker serviks, supaya gossip anda semakin berkualitas. Memang saat ini kanker ini menjadi bahan pembicaraan hangat dikalangan para wanita. Kanker serviks ini disebabkan oleh virus Human Papilloma atau yang sering disingkat dengan HPV. Akan tetapi layaknya virus pada umumnya, ada beberapa tipe virus HPV yang bisa menyebabkan kematian pada wanita. Biasanya virus tipe 16 dan 18 lah yang sering membunuh wanita, karena hanya kedua virus inilah yang paling mudah berpindah dan menyebar sehingga bisa membuat kanker serviks.

Selain itu anda juga harus berhati-hati saat menggunakan WC umum, karena virus ini juga bisa masuk ke tubuh anda melalui WC umum. Apabila WC tersebut tidak dibersihkan secara benar dan teratur, bukan tidak mungkin anda akan terjangkit kanker serviks ini. Kemudian penyebab lain dari kanker serviks ini adalah pola hidup yang tidak sehat akan mempermudah anda terjangkit kanker serviks ini. Pola hidup sehat ini adalah menjadi dasar supaya anda tidak terkena virus HPV, karena dengan pola hidup sehat anda akan membuat daya tubuh anda akan semakin kuat. Sehingga penyakit apapun termasuk kanker serviks ini tidak dapat menyerang anda. sebelum membahas mengenai cara mencegah kanker serviks, berikut ini adalah ciri-ciri dari kanker serviks.

Ciri-ciri Kanker Serviks

Cara mencegah terjadinya kanker serviks ini akan anda ketahui setelah anda mengetahui ciri-cirinya. Ciri-ciri yang ditunjukkan apabila seseorang terkena kanker serviks, pertama adalah saat melakukan hubungan intim akan merasakan sakit dan diikuti keluarnya flek darah. Kedua adalah mengalami keputihan yang tidak normal disertai perdarahan yang jumlahnya sangat berlebihan. Ciri yang ketiga adalah sering merasakan sakit pada daerah pinggul, seperti pegal-pegal.

Kemudian yang ciri keempat adalah pada saat buang air kecil akan merasakan sakit. Kelima darah yang keluar pada saat menstruasi memiliki jumlah yang lebih banyak, tidak seperti bisanya. Dan yang terakhir adalah jika kanker ini sudah stadium lanjut, maka akan terasa sakit pada bagian paha. Meskipun kanker ini menyerang dengan waktu yang cukup lama yaitu 10 hingga 20 tahun, namun dengan mengetahui cirinya anda bisa melakukan pencegahan kanker serviks sejak dini.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti melakukan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh. Jika anda perokok, maka cepat-cepatlah berhenti. Kemudian hindarilah berhubungan intim sejak dini atau diusia yang sangat muda. Jangan bergonta-ganti pasangan saat melakukan hubungan intim. Lakukan pemeriksaan pap smear secara rutin 2 tahun sekali dan melakukan vaksin HPV. Dan cara mencegah kanker serviks yang terakhir adalah mengkonsumsi banyak sayuran yang mengandung beta karoten, dan vitamin C & E.

Penyebab, Ciri, Dan Cara Mencegah Kanker Serviks Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yeni Ekawati

0 comments:

Post a Comment