Kandungan Daun Katuk Hasilkan Berbagai Khasiat Bagi Manusia

Ketika menyebut daun katuk, orang tentunya langsung mengarah akan khasiatnya yang di manfaatkan oleh ibu menyusui. Daun yang memiliki nama ilmia sauropus androgynous ini, mudah di temudian di sekitar kawasan asia tenggara yang kebanyakan memiliki iklim tropis dan sub tropis. Jenis tanaman ini mempunyai daun yang banyak serta berselang-seling setiap tangkainya. Jenis daunnya berwarna hijau pekat, dan memiliki jenis tulang yang menutup. Ciri lain dari tanaman katuk ini adalah bunganya yang berwarna ungu dengan ukuran kecil-kecil. Sebelum membahas mengenai manfaat daun katuk, terlebih dahulu kita ketahui akan kandungan dari daun tersebut.

Kandungan nutrisi daun katuk

Manfaat daun katuk untuk kesehatan
Daun katuk yang di anggap mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia ini, tentunya memiliki kandungan nutrisi yang baik. Dimana dalam daun katuk terdapat beberapa vitamin yang di butuhkan oleh tubuh. Diantaranya vitamin a, b, dan c. Selain itu juga terdapat lemak, zat besi, fosfor, kalsium dan protein. Disisi lain daun katuk juga mempunyai zat piirolidinon, metil, piroglutamat serta p-dodesilfenol sebagai komponen minor. Dengan banyaknya zat dan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh, sangat wajar jika khasiat daun katuk dimanfaatkan manusia.

Manfaat daun katuk bagi ibu menyusui

Daun katuk sejak dulu memang dipercaya mampu memperbanyak air susu ( asi). Beberapa penelitian telah di lakukan membuktikan bahwa daun katuk ini bermanfaat berdasarkan efek hormonal dari kandungan zat kimia sterol yang mempunyai sifat estrogenic. Biasanya bagi ibu yang asinya kurang lancar memang mengkonsumsi daun katuk ini. Saran mengkonsumsi daun katuk ini adalah diolah menjadi sup. Dimana proses perebusan dalam membuat sup tersebut mampu menghilangkan sifat anti protozoanya. Dengan mengkonsumsi sup daun katuk dipercaya mampu memperpanjang waktu menyusui dengan meningkatkan jumlah frekuensi asi yang di hasilkan. Selain itu kandungan daun katuk juga mampu membersihkan darah kotor pada organ reproduksi wanita.

Manfaat daun katuk bagi pasangan suami istri

Kandungan daun katuk memang mempunyai khasiat yang baik untuk tubuh. Dimana salah satu senyawa dalam kandungan daun katuk ini adalah fitokimia. Dalam daun katuk ini terdiri dari beberapa jenis senyawa kimia lainnya, diantaranya adalah glukokortiroid, estradiol, testosterone, progesterone, eicosanoid. Dengan mengkonsumsinya, tentu akan mendatangkan manfaat daun katuk. Salah satunya bagi kaum pria, dimana daun katuk akan memberikan khasiat untuk menambah produksi hormone yang mampu meningkatkan daya vitalitas. Disamping itu, tidak hanya bagi kaum pria saja. Melainkan bagi wanita juga mampu meningkatkan senyawa aktif untuk memperbanyak produksi sel telur.

Pada kondisi tersebut, bagi pasangan suami istri tentunya akan sangat bermanfaat bagi yang sedang menjalankan program kehamilan. Dengan peningkatan jumlah hormone reproduksi baik wanita maupun pria tentunya semakin meningkatkan kemungkinan untuk cepat hamil. Seperti yang diketahui, bahwa sebuah keluarga akan menjadi lengkap dengan kehadiran seorang keturunan. Dengan demikian mengkonsumsi daun katuk memiliki manfaat tersendiri bagi pasangan suami istri.

Selain bermanfaat bagi ibu menyusui dan juga pasangan suami istri, daun katuk ini juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Manfaat daun katuk lainnya adalah menyembuhkan sembelit. Mengkonsumsi daun katuk bisa memperlancar proses pencernaan. Pasalnya daun katuk ini juga mengandung banyak serat. Dengan adanya kandungan kalsium, daun katuk ini bisa di manfaatkan untuk mencegah terjadinya osteoporosis di masa senja nantinya. Tidak hanya itu konsumsi daun katuk secara teratur juga mampu meningkatkan daya immune tubuh, serat membantu daya penglihatan.

Kandungan Daun Katuk Hasilkan Berbagai Khasiat Bagi Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yeni Ekawati

0 comments:

Post a Comment