Tips Mengatur Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

Bagi orang tua mengatur waktu makan untuk bayi sangatlah penting. Bayi perlu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan pendamping asi atau dikenal MPASI. Makanan pendamping ini penting diberikan untuk melatih motorik maupun pertumbuhan bayi. Makanan pendamping asi bisa diberikan setelah 6 bulan. Tentunya jadwal makan bayi 6 bulan juga perlu diperhatikan agar teratur dan tidak mengganggu kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh bayi.

Jadwal makan bayi umur 6 bulan

Menu makanan bayi usia 6 bulan tentunya akan berbeda dengan bayi umur lainnya. makanan yang diberikan juga perlu untuk menyesuaikan beberapa tahap perkembangan bayi. Pemberian makanan pendamping Asi bisa dilakukan secara bertahap mulai dari memberikan makanan yang lunak, lembut kemudian memberikan makanan yang ada rasanya. Menu makanan ini bisa dimulai dari susu, bubur, nasi tim hingga makanan padat layaknya nasi.

Tahapan memberi makan bayi 6 bulan

Pemberian makanan pendamping untuk bayi usia 6 bulan bertujuan untuk menstimulasi perkembangan bayi. Stimulasi ini berfungsi misalnya agar bayi mampu memegang makanan sendiri. Untuk tahap makanan bayi 6 bulan pertama adalah dengan memberikan makanan yang lunak dan cair. Misalnya adalah bubur susu atau biskuit. Bubur susu ini dicampurkan asi. Selingi dengan tepung beras, kacang hijau atau labu kuning. Perlahan lahan beri makanan dengan jumlah sedikit kemudian tambah jumlahnya. Selain itu kenalkan menu pada bayi dengan perlahan lahan tanpa dicampur. Hal ini penting diperhatikan untuk mengetahui apakah bayi alergi atau tidak terhadap makanan tersebut.

Menu makanan bayi untuk 6 bulan juga bisa berupa buah buahan. Jadwal makan bayi 6 bulan untuk makan buah buahan ini sebaiknya setelah mengkonsumsi makanan lunak. Kenalkan bayi pada buah pisang raja, pisang ambon, jeruk dan pepaya. Gunakanlah buah yang tidak memiliki getah untuk menghindari terkena diare. Selain itu buah buahan juga bisa dibuat menjadi jus dengan tambahan susu asi yang dapat dikonsumsi maksimal dua kali sendok makan untuk dikonsumsi dua kali sehari. Lakukan hal ini secara berturut turut agar bayi mengenali rasa dari buah buahan tersebut.

Setelah bayi mengenal rasa buah buahan, ada baiknya anda mencampur bubur susu untuk bayi. Sebaiknya untuk memberikan bubur susu dan jus lumat ini berselang seling. Misalnya sehari makan bubur susu hari berikutnya makan jus lumat atau sehari di selang seling. Sebaiknya gunakan sendok kecil untuk menyuapi bayi. Jika bayi menangis dan tidak mau makan sebaiknya jangan dipaksakan. Tetapi coba lagi beberapa saat waktu lain untuk memberikan makanan tersebut. Jika tidak demikian tunda saja pemberian makanan tersebut saat bayi sedang lapar sehingga mau memakannya. Tahapan memberi makan bayi 6 atau 7 bulan adalah dengan memberikan bubur saring. Bubur ini berasal dari bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti makaroni, kacang hijau, kentang, beras ataupun roti. Menu ni bisa dilengkapi dengan memberikan protein hewani seperti telur dan protein nabati dengan sayur sayuran.

Jadwal makan bayi 6 bulan atau MPASI

Tahapan pemberian makanan pendamping asi saat usia 6 bulan akhir bisa menambahkan sayur ataupun telur. bahan bahan sayuran atau telur di ulek hingga halus. Untuk tahap pertama berikan dua sendok dalam sekali makan,berikan makanan ini dalam dua atau tiga kali sehari. Selanjutnya bisa ditingkatkan hingga 7 sendok. Sedangkan untuk jadwal makan bayi 6 bulan sendiri misalnya adalah pagi pukul 06.00 minum Asi, pukul 09.00 bubur susu, pukul 11.00 - 12.00 buah, pukul 14.00 bubur susu, pukul 17.00 buah atau biskuit yang dicampur dengan bubur susu, pukul 18.00 kembali beri ASI. Demikianlah info kesehatan tentang jadwal makan bayi 6 bulan, semoga bermanfaat

Tips Mengatur Jadwal Makan Bayi 6 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yeni Ekawati

0 comments:

Post a Comment