9 Manfaat Tidur Miring ke kanan Untuk Kesehatan

Dalam Islam kita di anjurkan untuk menjaga kesehatan salah satunya adalah posisi tidur yang sehat yaitu tidur miring ke kanan. Sebenarnya apakah manfaat tidur miring ke kanan? Mengapa Rasulullah saw melakukan tidur dengan posisi miring ke kanan? Jika anda penasaran yuk simak pemaparan tentang manfaat tidur mengahadap ke kanan di lihat dari segi kesehatan.

Rasulullah Muhammad SAW memiliki selalu membiasakan posisi tidur menghadap kekanan dimana rusuk sebelah kanan menjadi tumpuannya dan tangan kanan menjadi bantalnya. Posisi tersebut dilakukan oleh rasulullah SAW ketika memulai tidurnya dan tidak menjadi masalah jika setelah terlelap dalam tidur posisi tersebut berubah entah itu berubah tidur dengan miring ke kiri atau tidur menghadap ke atas, yang terpenting adalah saat memulai tidur hingga dengan terlelap tidur posisinya adalah miring ke kanan. Sebagai umatnya kita dianjurkan untuk meneladani perbuatan Rasulllah termasuk kebiasaan tidur miring ke kanan, hal ini pun diperkuat dengan khadis yang artinya
 Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu, ( yang terabadikan dalam HR Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

Manfaat tidur miring ke kanan ala Rasullah untuk kesehatan

Berawal dari penasaran tentang kebiasaan tidur Rasulullah tersebut maka banyak ahli kesehatan yang meneliti manfaat tidur miring ke kanan untuk kesehatan. Inilah hasil dari penelitian tentang manfaat tidur miring ke kanan ala Rasullah SAW :

Posisi Tidur Miring ke kanan dalah sebuah posisi tidur yang sangat tepat dan benar, hal ini karena pada saat tidur miring ke kanan jantung akan menahan beban yang lebih sedikit karena ukuran paru-paru sebelah kanan lebih besar daripada sebelah kiri, lever tepat berada pada posisi stabil serta tak mengantung, Lambung dalam posisi yang nyaman, Posisi yang demikian ini juga bermanfaat dalam meningkatkan proses percepatan pengosongan isi lambung. Posisi tidur miring ke kanan  juga mempermudah proses sekresi berbentuk cairan lendir yang terdapat pada bronkus atau cabang paru - paru yang berada di sebelah kiri.

Allah SWT telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya dan setelah menciptakannya Allah SWT tidak membiarkan manusia celaka oleh karena itu diberikannlah berbagai petunjuk untuk menuju keselamatan baik di dunia maupun di akhirat yang telah terabadikan dalam kitab suci, salah satu petunjuk adalah posisi tidur miring ke kanan ini yang pada khakikatnya adalah untuk menjaga manusia agar sehat, adapun detai dari manfaat tidur miring ke sebelah kanan adalah sebagai berikut:

9 Manfaat Utama Posisi Tidur Miring ke Kanan dari segi kesehatan


1. Membuat beban kerja jantung menjadi berkurang
Salah satu organ tubuh manusia yang selalu bekerja tiap detiknya adalah jantung, bayangkan saja jika jantung anda berhenti bekerja, maka itu berarti anda akan mati. Jantung bisa dibilang organ yang memiliki predikat “ pekerja keras “ hal ini karena jantung selalu memompa berliter-liter darah untuk dialirkan ke seluruh penjuru tubuh, dan ini dilakukan jantung setiap hari tanpa adanya hari libur, sehingga kita perlu memberikan pengurangan beban kerja jantung, bagaimana caranya, mudah saja yaitu dengan melakukan posisi tidur miring ke kanan, mengapa harus miring ke kanan? Karena dengan tidur dengan posisi miring ke kanan dapat membantu dalam mengurangi beban kerja si jantung. Sehingga sangat disarankan untuk setiap orang yang mengalami lemah jantung agar melakukan kebiasaan tidur miring ke sebelah kanan.

2. Memberi kesempatan istirahat pada otak kiri yang lelah
Manusia dibekali dengan otak untuk berfikir, otak sendiri memiliki dua bagian yaitu bagian disebelah kanan yang dikenal dengan otak kanan dan bagian disebelah kiri yang dikenal dengan otak kiri. Otak kanan bermanfaat dalam berfikir mengenai analisis sesuatu hal dan berimajinasi. Otak kiri bermanfaat penuh dalam memikirkan hal-hal yang terkait dengan eksakta. Apabila manusia tertidur maka kedua belahan otak tersebut perlu beristirahat, nah kebiasaan tidur dengan posisi miring ke kanan adalah kebiasaan yang bagus karena kebiasaan ini akan membantu otak kiri dalam beristirahat, dengan beristirahatnya otak kiri maka saat anda bangun tidur otak kiri anda menjadi lebih sehat dan prima.

3. Membuat proses buang air besar (BAB) menjadi lancar
Posisi tidur miring ke kanan diyakini dalam dunia kesehatan dapat mempercepat proses terjadinya pengisian di usus besar sigmoid, sehingga hal ini dapat memperlancar BAB, jadi untuk anda yang menderita susah buang air besar cobalah untuk membiasakan posisi tirud miring ke kanan ala Rasullullah SAW.

4. Mengistirahatkan beban kerja lambung
Lambung bentuknya menyerupai tabung dengan beberapa katup. Jadi jika anda ingin lambung anda terkurangi beban kerjanya maka anda biasakanlah tidur miring ke kanan, karena pada posisi ini menjadikan kerja lambung lebih longgar. Selain melonggarkan beban kerja lambung, kebiasaan miring ke kanan juga dapat membantu proses pengeluaran chime atau ampas makanan dan minuman.

5. Meningkatkan pengosongan kandung empedu dan pankreas.
Dengan posisi tidur miring ke kanan dapat memperlancar aliran chime, dengan lancarnya aliran chime maka akan menyebabkan meningkatnya keluaran cairan empedu, sehingga menjadikan tercegahnya pembentukan batu kandung empedu dan meningkatkan Keluaran getah pankreas.

6. Meningkatkan waktu dalam penyerapan zat gizi
Ketika dalam keadaan tidur akan terjadi peningkatan pergerakan usus. Posisi yang terbaik ketika tidur adalah miring ke kanan, karena memungkinkan perjalanan makanan yang telah dicerna dalam tubuh dan telah siap untuk diserap waktunya akan menjadi semakin lama karena posisi usus halus sampai dengan usus besar berada di bawah. Dengan adanya Waktu yang lama tersebut maka memungkinkan proses penyerapan sari-sari makanan lebih optimal.

7. Kesehatan paru - paru menjadi terjaga dengan baik
Setiap orang ingin selalu paru – paru nya selalu dalam keadaan sehat, tidak terkecuali anda bukan? Nah untuk menjaga paru – paru agar tetap sehat maka anda perlu membiasakan tidur miring ke kanan, mengapa harus miring ke kanan? Karena Paru-paru kanan setiap manusia memiliki ukuran yang lebih besar daripada paru-paru kiri, jadi jika anda tidur miring ke kanan maka posisi jantung akan lebih cenderung ke sebelah kanan, pada saat seperti ini maka tidak akan mengakibatkan masalah karena ukuran paru-paru kanan memiliki ukuran yang lebih besar, namun jika kita menghadap kekiri maka bukan tidak mungkin akan terganggunya kesehatan paru-paru anda.

8. Terjaganya saluran pernapasan
Anda ingin menjaga saluran pernapasan anda tetap sehat? Mulailah kebiasaan tidur miring ke kanan, mengapa? Karena dengan posisi tidur ini, lidah anda tidak akan jatuh ke pangkal mulut. Apabila lidah anda jatuh ke pangkal mulut maka memungkinkan terganggunya saluran pernapasan.

9. Memberikan kaki kiri waktu untuk istirahat
Kecenderungan manusia selalu memanfaatkan kaki sebelah kiri sebagai pusat pembebanan, jadi alangkah baiknya anda mengistiratkan kaki kiri anda saat anda tertidur, bagaimana caranya, caranya adalah dengan membiasakan tidur miring ke kanan karena ketika anda tidur miring ke kanan maka akan mempercepat  terjadinya proses pengosongan vena kaki sebelah kiri sehingga menjadikan hilangnya rasa pegal pada kaki kiri anda.

Demikianlah pembahasan info kesehatan terkait cara hidup sehat dengan membiasakan tidur miring ke kanan yang sudah terbukti dalam ilmu kesehatan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan manusia, semoga anda dapat memperoleh manfaat utama tidur miring ke kanan untuk kesehatan setelah berusaha membiasakan posisi tidur miring ke kanan.

9 Manfaat Tidur Miring ke kanan Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yeni Ekawati

0 comments:

Post a Comment